Minggu, 18 Maret 2012

Papah, mamah terbaikku

“Kekayaan hanyalah bonus kehidupan, yang aku butuhkan adalah keluarga yang harmonis”

Lahir jadi seorang anak dari keluarga berada, aku sih sangat bersyukur. Terlebih fasilitas yang aku dapatin bikin aku betah dirumah. Yaaaa.. papah adalah pemimpin perusahaan terkenal di Jakarta, begitupun dengan mamah, ia adalah pemimpim perusahaan terkenal di Bandung. Tinggal di daerah ibu kota bikin aku jarang sekali ketemu sama mamah.. Heran juga sih, tapi ya sudah lah dari umur 5 tahun sampai sekarang 17 tahun udah biasa jarang ketemu mamah. Aku Cuma deket sama papah, papah selalu temenin aku kemana-mana, selalu denger cerita aku, selalu bisa ngertiin aku.

Orang-orang bilang sih aku beruntung banget,
“Eh lu ca enak banget sih punya duit banyak, mobil dikasih, HP keren, fasilitas terjamin”, kata boy sahabatku.
Kalau di fikir-fikir emang sih aku ngerasa jadi orang beruntung karena bisa dapetin segalanya, tapi gak juga sih, tapi iya si, tapi gak deh, tapi ah pokonya banyak tapi deh.
Oh ya, hampir semua temen aku tuh cowok, termasuk si boy, nama aslinya si Boby. Dari kecil aku sahabatan sama dia. Pokonya dia sahabat sejati aku lah. Hahaha

Aku cewek yang tomboy banget, berbanding terbalik sih sama nama Annisa Dewi Puspita, ya nama itu cewe banget. Makanya aku dari kecil nyuruh semua orang yang kenal aku, panggil aku dengan sebutan ica, biarpun agak cewek tapi aku suka sama nama itu.

Balik lagi ke kehidupan aku. Papah selalu buat aku semangat sekolah
“Ica, papah ingin kamu jadi dokter”
“Hahaha kaya anak kecil aja pah, cita-citanya dokter”
“Eh dokter itu hebat, bisa nolongin orang-orang yang sedih”
“Itu dokter cinta kali ya pah”
“Ah kamu bercanda aja sih! Denger ca, dokter itu bisa bantuin orang-orang yang sedih karena keluarganya sakit.”
“Oh iya yap ah bener, tapi aku pengen jadi musisi pah”
“Ya deh terserah kamu”
“Aaaah papah ngambeeek hahahha”

Waktu mamah pulang ke Jakarta—
Lagi asik-asiknya main gitar sambil nyanyi dikamar,
“Aku tuh baru dateng mas! Kenapa sih selalu aja ngajak rebut!”, suara mamah membentak papah.
“Saya gak ngajak kamu ribut! Saya cuma minta kamu berhenti kerja! Urus tuh anak kamu!”, jawab papah dengan sinis.
Huh, sudah biasa seperti ini, makanya setiap mamah pulang aku gak pernah nyamperin. Aku gak ngerti apa yang ada dipikiran mereka. Dan beberapa saat kemudian terdengar suara mobil mamah yang menjauh dari rumah. Akupun keluar kamar, dan melihat papah yang sedang diam dikursi kerjanya. Tanpa menyapanya, aku langsung pergi ke luar rumah.

Aku pergi kerumah boy, tanpa bawa kendaraan,
“Eh elu ca, mana mobil lu?”, Tanya boy.
“Ah lu bukannya bersyukur gue dateng kesini, malah nanya mobil gueee! Kurang ajar!”, jawabku bercanda.
“Hahaha.. bukan gitu, heran aja. Ayolah masuk”, ajak boy
Aku pun masuk kerumahnya, dan duduk diruang keluarganya. Aku disini sudah seperti keluarga, boy hanya tinggal bersama mamahnya, papahnya pergi meninggalkan mereka untuk wanita lain. Ya dari boy dan mamahnya, aku bisa mendapatkan banyak pelajaran hidup, terutama belajar untuk bersyukur.
“Kamu kenapa ica?”, Tanya mamah boy dengan lembut.
“Biasa lah tante, aku bosen denger mamah sama papah berante, gak jelas berantem apa”, jawabku.
“Oh tadi mamahmu pulang?”
“Iya tante, tapi gitulah. Kaya biasa, baru dateng udah berisik”
“Sayang, kamu harusnya menjadi penengah saat mereka bertengkar, bukan malah kabur kesini”
“Ah mamahnya juga pergi lagi”
“Ya harusnya kamu sekarang itu nenangin papah”
“Aku gak ngerti tante, papah tadi bilang sama mamah, nyuruh mamah buat berhenti kerja dan ngurus aku. Aku jadi bingung, aku kan udah gede, ngapain diurus lagi, harusnya dari kecil diurus bukannya sekarang. Dari kecil aja aku gak pernah ngerasain jadi anak yang bisa main-main sama mamahnya.”
“Ah ca! lu gitu aja nyerah. Lah gue dari umur 2 tahun gak ngerasain tuh digendong seorang ayah gimana, bahkan gue gak kenal ayah gue itu gimana”, kata boy sambil bercanda.
“Aduh kalian ini, boy, ica, sering mamah bilang, selalu bersyukur pada Tuhan, karena kalian dipercaya untuk menjadi anak yang sabar dan baik”

Ulang tahunku yang ke 17—
Hari ini tanggal 18 Februari, harusnya aku seneng karena hari ini hari ulang tahunku. Tapi semuanya beda, papah yang  dirawat dari 3 hari yang lalu, sakit jantung dan struknya makin parah. Mamah susah sekali dihubungi. Karena biaya pengobatan papah yang mahal, aku harus jual semuanya, dari mulai laptop, computer, PS, gitar, hingga TV. Ya terkesan lebay sih, tapi emang mahal banget.

Suasana rumah sakit yang sangat sepi bikin aku merinding setengah mati, jam ditangan udah nunjukin jam 10 malem. Biasanya aku ditemenin boy, tapi boy hari ini ada tugas keluar kota. Akupun tidur dikursi yang ada di koridor rumah sakit.
“Selamat ulang tahun aku ucapkan………”, nyanyian selamat ulang tahun.
“BOY!!!!”, aku terbangun dan berteriak.
“Suuuut! Ini rumah sakit ca! gila lu!”
“Ups, sori hahahaha! Abisnya gue kaget”
“Kaget apa seneng luuuuu?”, boy menggodaku
“Ah! Gak ah biasa aja!”, jawabku jual mahal
“Eitsss?? Hahahahaha! Buruan nih tiup dong! Ada 17 lilin nih gue susun khusus untuk cewek pujaan”
“Hah? Gue cewe pujaan loooo???”, tanyaku heran
“BUKAAAN!! Udah tiup dulu nih”
“fuh”, aku pun meniup lilin-lilin kecil itu.
“Ya udah sekarang kita ke kamar bokap lu yuk, kita makan kuenya”, ajak boy
“Oke myboy”

Aku dan boy pun ke kamar papah, setibanya didepan kamar papah, banyak dokter dan suster lari-lari,
“Sus, ada apa ini? Papah saya mana?”, tanyaku panik pada seorang suster yang berdiri didepan pintu kamar papah.
“Tenang mba, mba anaknya tuan Andi?”
“Iya benar, saya anaknya”
“Dari tadi kami mencari mba, tadi tuan Andi sempat koma, dan sekarang masih belum sadar, doakan saja semoga beliau selamat”, jelas suster padaku
Akupun menangis dan boy menenangkanku,
“Sabar ya ca, berdoa aja supaya papah lo selamat”
Aku cuma bisa menangis, tiba-tiba seorang dokter keluar kamar dan menyapaku.
“Mba annisa?”
“Iya dok? Ini saya. Bagaimana keadaan papah saya?”
“Maaf kami tidak bisa berbuat banyak, papah mba telah dipanggil Tuhan”

Aku kaget, aku gak nyangka papah bisa pergi secepat ini. Akupun lari masuk ke kamar papah, aku peluk papah sekenceng-kencengnya, aku nangis didada papah.
“Aku gak ridho kalau papah ninggalin aku sekarang, aku tinggal sama siapa? Siapa yang bakal perhatiin aku selain papah? Siapa yang bakal nemenin aku dirumah? Siapa yang bakal denger aku cerita? Siapa pah?? Bangun paaaaah! Aku gak ridho papah pergi! Aku pengen papah tetep disini sama aku. Temenin aku paaaaaah!”
Boy gak bisa buat apa-apa, dia cuma bisa ngelus punggung aku dan meluk aku.

Setelah kepergian papah—
Papah pergi, mamah juga gak dateng-dateng, mungkin mamah udah gak peduli sama aku. Ya sudahlah, walaupun mamah dateng hari ini rasanya gak akan ada gunanya lagi. Gak akan berguna dan gak akan buat papah balik lagi ke dunia.

Udah 2 bulan papah ninggalin aku dan sejak saat itu barang-barang dirumah makin kosong karena aku pake buat beli keperluan sehari-hari. Ya banyak juga sih yang diambilin sama saudara-saudara yang gila harta. Aku sih tenang-tenang aja ah pusing mikirin orang-orang yang hidupnya cuma ngumpulin harta. Dan suatu hari tiba-tiba aku diusir dari rumah karena papah punya utang sama perusahaannya seharga rumah itu.

Akupun tinggal sama boy dan mamahnya. Ya disinilah aku dapet kasih sayang yang lebih dan gak akan pernah kegantiin sama harta. Dengan rumah yang sederhana, barang-barang seadanya, tapi setiap harinya selalu ceria. Inilah namanya hidup.
Kekayaan hanyalah bonus kehidupan, tapi kasih sayang dan kebahagiaan takan terganti oleh apapun.

25 tahun umurku—
Pah, jangan kawatir, aku sekarang bisa hidup bahagia sama cowok yang bener-bener sayang sama aku, yaitu boy. Aku sekarang udah bahagia dan ngerti apa arti hidup yang sebenernya.  

Aku sekarang udah jadi orang yang papah mau, yaitu jadi seorang dokter. Aku ingin semua orang gak sedih, aku ingin mereka senyum karena aku nyembuhin keluarga mereka. Dan aku adalah dokter ahli penyakit dalam, aku ingin sembuhin papah-papah yang sakit jantung.

Dan benar apa kata papah, kekayaan hanyalah sedikit harganya, jika dibandingkan dengan indahnya disayangi semua orang.
Papah adalah mamah terbaikku...

Terimakasih ya pah atas segalanya. Aku gak akan lupa sama kasih sayang papah yang papah kasih ke aku. Dan mamah, semoga Tuhan menyadarkan hati mamah, karena bagaimanapun mamah tetap wanita yang melahirkanku.
Dan bagaimanapun kalian, tanpa kehadiran kalian, aku gak akan ada didunia ini.
I love you


0 komentar:

Posting Komentar