Rabu, 04 April 2012

10 cara mendapatkan keberhasilan

Saya belum menjadi orang berhasil, saya sedang mencoba menjadi berhasil. Saya bukan orang yang hebat yang patut dicontoh, saya hanya ingin berbagi pengalaman dan ilmu kepada kalian :) semoga bermanfaat *catatan: ikuti yang benar, jauhi yang salah, kritiki yang kurang* ;)

Menjadi orang berhasil itu gak gampang, butuh waktu, pengorbanan, dan berusaha sekuat tenaga. Banyak orang yang salah mengartikan keberhasilan. Bukan hanya orang dewasa yang bisa berhasil, kita juga bisa, berhasil belajar, berhasil lulus, berhasil bisnis, dll. Banyak juga orang yang takut punya mimpi yang terlalu tinggi. Tapi gak ada salahnya kalau kita punya mimpi yang tinggi, tapi kita harus bisa mencapai mimpi tersebut.
Nih aku punya beberapa cara jadi seseorang yang dekat sama keberhasilan *deket* belum tentu sih. Tapi simak baik-baik ya :D

1. Punya target
Setidaknya kalian masing-masing punya target kan? masa sih gak punya target. Target iu semacam tujuan yang harus kita raih. Waktu kecil kita udah diajarin sama orang tua supaya punya cita-cita, ya bisa dibilang target itu sama kaya cita-cita. Nah sekarang kita harus punya target apa yang kita ingin. Mau berhasil tapi gak punya target apa yang akan berhasil? bingung kan. Makanya sekarang pikirin target yang sekarang kalian mau capai apa? buat waktu terdekat aja. Misalnya nih buat anak 3 SMK/SMA pengen LULUS UN.

2. Niat
Udah ada targetnya??
Nah kalau udah ada targetnya, kita harus awali semuanya dengan NIAT. Jangan sampai kita punya target tapi gak ada niat buat ngewujudin target itu. Niat cukup didalam hati aja, gak usah diumbar-umbar atau diumumin ke orang-orang, atau diposting di FB, twitter, blog, tumblr, youtube, dll. hahahhaha alay banget yah.

3. Minta doa
Semuanya gak akan bisa kita capai kalau kita gak berdoa sama Tuhan, dan minta doa sama Ayah Ibu kita. Karena, ridho Allah adalah ridho orang tua, jadi ya kalau pengen berhasil minta doa dan baik-baik sama orang tua. Gak susah ko, dan gak usah malu. Tinggal setiap pergi kemana-kemana kita bilang dan cium tangan mereka dan bilang "minta doanya ya yah, bu". Gampang kan?? makanya lakuin dari sekarang :)

4. PD (Percaya Diri/gak tau malu) dan jujur
Target punya, niat udah, minta doa udah. Sekarang waktunya menjadi orang gak tau malu. *LOH??*
Maksudnya PD, ya percaya diri. Percaya diri dalam memulai usaha untuk keberhasilan. Contohnya nih ya, kita jualan, nah kita tuh harus PD buat nawarin ke orang-orang. Jangan sampai jualan shy shy cat, gak akan laku tuh jualan sampai kapanpun. Terus kalau misalnya targetnya mau nilai matematika 10, kita harus PD nanya ke guru, nanya soal-soal yang kita gak ngerti. Jangan sampe kita malu nanya soalnya takut disirikin temen-temen, takut dibilang bodo, PD aja lagi!! Kalian harus PD buat memulai usaha dalam keberhasilan. Selain PD kita juga harus mengutamakan jujur, karena segala sesuatu kalau dijalani dengan jujur pasti berhasil, jujur itu gak perlu dibuat-buat, gak perlu dipaksa, tapi harus dateng dari hati nurani, jujur dalam menjalankan segala hal mulai dari hal kecil. Dimulai dengan pribadi percaya diri dan jujur, maka segalanya pasti bisa kita lewati.

5. Gak plin plan
Banyak orang yang udah punya target terus udah bisa usaha dapetin target, tiba-tiba berenti ditengah jalan gara-gara dia liat hal baru yang lebih buat dia tertarik, dan dia pengen dapetin target baru. atau ada juga orang yang gampang nyerah dan milih target yang lain. Kalau kita pengen berhasil, kita gak boleh plin plan, kita harus fokus sama target yang udah kita tentuin. Jangan sampai karena ada masalah sedikit tiba-tiba kita banting stir dan akhirnya target yang kita punya gak kecapai, dan target baru yang kita pilih gak tercapai juga. 

6. Menghargai proses
Mencapai keberhasilan itu butuh proses, proses yang kita lalui juga gak gampang, dan proses itupun bertahap. Maka, kita harus menghargai setiap proses atau tahapan yang kita lakuin untuk mencapai target keberhasilan. Cara menghargai proses yaitu dengan bersyukur setiap apa yang terjadi, dan tetap semangat.

7. Bersikap dewasa
Pasti banyak banget masalah yang dateng waktu kita udah bener-bener berusaha sekuat tenaga dapetin target. Satu-satunya cara supaya kita bisa nyelesain masalah adalah dengan cara bersikap dewasa. Dewasa bukan dilihat dari umur, tapi dewasa dilihat dari seberapa banyak peran kita dalam menghadapi kerasnya kehisupan *lebay dikit*

8. Terus berusaha 
Kita harus tetep fokus dan semangat dalam mencapai target, jangan sampai kita berhenti ditengah jalan. Kita harus tetep berusaha dengan semua keadaan. Walaupun banyak masalah yang bakalan dateng, banyak halangan yang bakal ganggu keseriusan kita, kita harus tetep berusaha buat wujudin target yang kita pilih. Dan kita gak boleh NYERAH!!

9. Jauhi masa lalu
Masalah yang kemarin-kemarin biar jadi pelajaran, jangan sampai masalah yang lalu jadi pikiran atau jadi penghalang buat dapetin target kita. Seburuk apapun masalalu dan sebahagia apapun masalalu, jangan pernah nengok ke hari kemarin, tapi terus lurus dan tatap hari esok.

10. Menerima hasil
Semuanya udah kita lakuin, dari punya target sampai usaha sekuat tenaga. Pasti dalam setiap usaha yang kita lakuin itu punya hasil, apakah itu sedih, seneng, mengecewakan, menggembirakan. Hanya Tuhan yang tau semuanya, tapi kalau kita udah ngalamin dan kita tau hasilnya maka kita harus menerima segala yang udah Tuhan kasih. Kalau target tercapai maka kita patut bersyukur, tapi kalau target belum tercapai, kita gak boleh nyerah, kita harus tetep bersyukur dan rencanain target berikutnya. Karena keberhasilan kita bukan dilihat dari hasil, tapi dilihan dari proses dan tahapan yang kita lakuin, apakah kita berhasil dengan cara baik atau kah buruk? beruntunglah bagi kita jika kita berhasil mencapai target, dan berhasil dengan cara baik. :)

Adis Ratih Trisiana

0 komentar:

Poskan Komentar